Jurnal Keempat: Keranjang Apelku


Keranjang apelku ini masuk jurnal keempat pada kelas ulat-ulat Bunda Cekatan Ibu Profesional. Setelah minggu kemarin kita mencari keluarga yang sama
makanannya. Kemudian kita makan bersama aka belajar bersama tentang ilmu yang kita butuhkan sesuai mind map. Pada minggu ini kita boleh mencari keluarga baru untuk menambah kebutuhan makanan kita yang ada di mind map tentunya.
Pada kali ini banyak sekali makanan lezat dari masing-masing keluarga tapi karena mind map saya masih di ranah penting dan mendesak jadi saya langsung fokus ke keluarga manajemen waktu, Homeschooling dan portofolio anak. Saya akan coba meringkas ilmu yang telah saya pelajari dari tiga hal tersebut,yaitu:

1. Manajemen Waktu
Kelas manajemen waktu ini anggotanya sangat besar sekali dan terus bertambah setiap harinya. Oleh karena itu, kelas keluarga manajemen waktu  dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Kelompok kecil yang saya masuki adalah kelompok Bujo ( Bullet Journal). Bujo, menurut saya yang saya butuhkan saat ini agar kegiatan saya lebih terorganisir dengan rapi dan juga sebagai terapi biar tidak mudah stress, asalkan saya bisa konsisten melakukannya. Minggu ini sudah berusaha menyusun bujo tapi masih belum selesai dan masih banyak yang roaming apa yang harus saya masukkan ke dalam bujo saya.Ahamdulillah pada kelas kecil keluarga uluwatu selalu ada diskusi seputar Bujo mulai dari siapa penemu bujo, sejarah bujo, komponen bujo seperti keys, rapid loging, collection, migratiaon, cara ngebujo, sampai contoh bujo dan ngebujo. Dimana semua istilah-istilah itu baru saya dapatkan setelah ikut Bujo ini🙈🙈. Intinya belajar saya masih harus memanjat lebih tinggi dan belajar lebih lama karena belum tahu apa-apa tentang Bujo.

2. Homeshooling.
Homeshooling dengan KK mbak Laila. Pada kelas jni banyak sekali diskusi-diskusi seru tentang proses holeshooling. Meskipun  di kelas ini saya masih jadi tim panjat karena selalu kelewat maklum waktu saya lebih cepat 2 jam. Jadi susah cari timing ya pas untuk bisa ngobrol-ngobrol cantik disana. Yang pasti apa yang saya tanyakan dan inginkan ada pada kelas homeschooling ini.

3. Portofolio Anak
Saya ikut kelas portofolio anak karena  saya membutuhkannya. Meskipun belum bisa aktif di grup keluarga. Pada keluarga portofolio anak banyak yang bisa peajari tentang bagaimana membuat portofolio anak. Ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk menuliskan kegitan anak atau yang disebut bank data baik dalam bentuk tulisan dalam
sebuah buka atau memgguankan aplikasi. Bank data yang bisa
lita gunakan bisa aplikasi atau sosmed. Aplikasinya ada primaKu untuk mencatat data kesehatan dan tumbuh kembang anak usia 0-6 th. Kemudian FILIO aplikasi milik mbak farda
semanggi tapi saya belum pernah mencobanya sendiri. Dan banyak lagi cara mengumpulkan bank data untuk membuat portofolio.

#JurnalUlat-Ulat
#KelasBuncek
#BundaCekatanIbuProfesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10