Mencoba meresume hasil Workshop Fitrah Based Education  tanggal 7 Januari 2017 di Surabaya Oleh Ustadz Harry Santosa.
Setiap anak yang di lahirkan kedunia itu unik dan berbeda, mereka sudah terinstall sedemikian rupa oleh yang Maha Kuasa. Kita sebagai orangtua yang telah di amanahi untuk menemani Ananda harus mampu mempertahankan dan menumbuhkan fitrah bawaanNya.
 Adapun fitrah anak yang harus kita jaga dan tumbuhkan di antaranya:
1.       Fitrah keimanan
2.       Fitrah belajar dan bernalar
3.       Fitrah Estetika dan bahasa
4.       Fitrah bakat dan kepemimpinan
5.       Fitrah perkembangan
6.       Fitrah individualitas dan sosialitas
7.       Fitrah fisik dan sehat
8.       Fitrah seksualitas dan cinta

Dan dari setiap fitrah itu ada masanya dan kita sebagai orang tua harus mampu menumbuhkan fitrah-fitrah tersebut sesuai dengan waktunya. Salah satu contoh adalah fitrah keimanan itu golden age nya 0-6 th, dimana dalam rentang usia itu kita harus mampu mengenalkan Rabb kepada anak, Bahwa Allah itu baik, sempurna, Esa dll,, Begitu juga kita juga harus mampu mengenalkan sosok Muhammmad kepada anak-anak. Jika anak-anak sudah mengenal Rabb nya dengan baik, diharapkan Anak-anak mampu menjadi Hamba yang baik tanpa paksaan dalam melaksanakan tugasnya sebagai hamba. 
Demikian hal nya dengan fitrah-fitrah yang lainnya sebagai orang tua kita harus mampu membersamai ananda tanpa merusak fitrahnya untuk mengantarkan anak-anak kita mampu menemukan misi spesifik hidupnya.
Dalam workshop ini kita sebagai orangtua juga harus mampu membuat portofolio untuk ananda , karena setiap anak itu unik sehingga membutuhkan kurikulum sendiri-sendiri. Di sinilah tantangan kita sebagai orangtua harus mampu melihat dan meneliti setiap aktivitas ananda untuk membantunya dalam menentukan misi spesifik hidupnya. Mencatatnya dan mendokumentasikan semua aktivitas ananda. Kenapa ini tugas orangtua?? Karena Allah mengamanahkan anak-anak kepada kita, kepada rahim kita bukan rahim orang lain, dan tentunya Allah percaya bahwa kita mampu menjaganya. Selamat berjuang bagi sorangtua untuk menjadi arsitek peradapan.

Deraskan maknamu bukan tinggikan suaramu, Hujanlah yang menumbuhkan bunga-bunga bukan petir dan guruhnya (Harry Santosa)

Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10