Lacak Kekuatanmu

Hari ini saya mulai menulis lagi di sini setelah hampir 2 tahun balum.hehe. Saya menulis disini karena saya sedang belajar di Kelas Bunda Cekatan Ibu Profesional, dan saya merasa nyaman menuliskan tugas perkuliahan saya di blog ini. Semoga kedepannya bisa istiqomah menulis disini.

Kuliah di Ibu Profesional memang seru, selalu ada kejutan-kejutan di setiap materi perkuliahannya. Materi Pertama di Kelas Bunda Cekatan adalah kita diminta untuk menemukan kekuatan aktivitas kita sehari-hari  kita dan yang membuat kita bahagia dan berbinar-binar. Kenapa bahagia karena ibu harus bahagia agar keluarganya ikut merasakan aura kebahagiaan. Wah kalau bahagia ini masih saya upayakan satu tahun lebih saya berusaha menjadi ibu bahagia dan baru akhir-akhir ini saya benar-benar bisa merasa bahagia meskipun belum seutuhnya bahagia. Haha... Saya bertekad memilih bahagia dan berusaha ikhlas dan syukur atas segala nikmat ini seteah ikut workshop A Home Team Ibu Septi Peni dan Bapak Dodik satu tahun yang lalu.

Sebesar apapun masalah, cobaan, ujian itu semua itu merupakan tanda sayang Allah dan Ujian sebagai hampbanya untuk naik kelas, dan setiap manusia itu selalu diberi ujian sesuai kesanggupannya. Iya memang benar dan teorinya sudah tahu tapi prakteknya itu yang sesuatuh. Akhirnya setelah saya mencoba memilih bahagia saya merasa semua menjadi ringan dan mulai terurai satu persatu apa yang tak membuat saya bahagia. Makanya ketika masuk Kelas Bunda Cekatan saya sangat bersyukur bisa banyak belajar untuk terus membahagiakan diri agar tetap waras.

Pada Kelas Bunda Sayang sebelum kita menemukan kekuatan kit, kita diminta untuk menganalis aktivitas yang suka dan bisa, tidak suka dan bisa, suka dan tidak bisa kemudian tidak suka dan tidak bisa. Materi ini sama seperti di matrikulasi pada materi melacak kekuatan diri, kalau yang ini melacak kekuatan tapi lebih ke aktivitas saya sebagai istri, ibu rumah tangga, ibu dari anak homeschooling dan sebagai individu.

Dari seluruh aktivitas sehari-hari saya yang sebagai Ibu rumah tangga ada 19 aktivitas, sebagai istri ada 9 aktivitas, sebagai ibu homeschooler ada 12 aktivitas san sebagai individu dan perempuan ada 19 aktivitas. Totalnya ada 59 aktivitas yang kesemuaannya harus saya lakukan. Tapi selama ini saya belum bisa melakukan semua aktivitas saya dengan maksimal dan berbinar-binar.  Berikut beberapa aktivitas dari nomor teratas saya yang saya bisa dan suka, tidak bisa dan suka, bisa dan tidak suka, tidak suka dan tidak bisa.

Setelah saya pisah-pisahkan ternyata aktivitas yang saya suka dan bisa ada 7 aktivitas, dan pada materi Bunda cekatan ini kami hanya di minta  memilih yang bisa dan suka sebagai pondasi untuk menjadi Bunda Cekatan. Adapun kekuatan saya sebagai berikut.



1. Memasak
Saya suka memasak, entah mengapa selama memasak saya berbinar-binar. Awalnya saya tidak suka memasak tetapi setelah menikah dan mempunyai anak dimana anak dan suami saya suka masakan yang enak meskipun tidak harus makanan mahal. Akhirnya saya belajar memasak, semakin saya belajar memasak saya semakin bahagia. Apalagi masak -masakan yang simple dan lezat, saya memang belum menghasilkan pundi-pundi berlian dari memasak tapi pernah menjuarai perlombaan memasak dan beberapa apresiasi dari cookpad atas beberapa resep yang saya tuliskan disana, tapi ini beberapa bulan sedang fakul menulis disana, harus semangat lagi. Selain memasak yang berkaitan dengan perdapuran saya suka trik dan tips dapur seperti memilih dan menyimpan bahan makanan agar tetap tetjaga kualitasnya.

2. Travelling
Saya suka jalan-jalan dengan suami dan anak-anak. Tidak harus yang jauh-jauh selama bersama keluarga saya sangat menikmatinya. Biasanya kami jalan-jalan ke alam terbuka selain untuk bersenang-senang juga untuk belajar anak, mesyukuri ciptaan Allah dan anak-anak tentunya bisa belajar banyak hal.

3. Mencari Ide Main Anak
Saya suka sekali berselancar di dunia maya mencari ide main anak, walaupun entah kapan eksekusinya yang penting kumpulin dulu, haha...Karena bermain dengan anak itu mengasyikkan tetapi mencari ide main itu lebih mengasyikkan lagi bagi saya.

4.Melihat Kitchen Hack
Saya juga suka berselancar melihat-lihat tentang kitchen hack (trik dan tips dapur), menurut saya itu menyenangkan bagi saya, dan saya juga bisa belajar. Entahlan saya tidak tetlalu suka membaca tapi saya lebih senang mendengarkan dan melihat.

5. Menulis Bebas
Saya suka menulis bebas tapi entah kenapa saya kurang suka menulis portofolio anak. Apalah aku ini anaknya homeschooling tapi portofolionya berantakan. Jangan ditiru ya Bun🙈🙈., malu saya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10