Temukan Terampilmu



Tulisan ini lanjutan dari tulisan minggu kemarin di Kelas Bunda Cekatan di Institut Ibu Profesional. Minggu yang lalu kita belajar menemukan kekuatan dalam kelas telur hijau. Saat ini telur hijau telah berubah menjadi telur merah. Ada apa di kelas telur merah? Pada kelas ini setelah kita tau kekuatan yang bisa dan yang kita suka, maka selanjutnya kita eksekusi kekuatan kita agar bisa menjadi cekatan di yang kita bisa. Eksekusi pertama kita diminta menentukan ketrampilan kita. Ketrampilan yang bisa membuat kita bahagia melakukannya. Karena kebahagiaan seorang ibu akan memancarkan kebahagiaan ke seluruh anggota keluarga ( suami dan anak-anak). Bahagia disini kalau menurut sependek pemahaman saya bukan bahagia yang seenaknya atau mementingkan diri sendiri tetapi bahagia yang dimana ketika kita melakukannya kita bahagia  dan berbinar-binar tetapi anak-anak dan suami tidak dirugikan.

Menemukan ketrampilan pada kelas telur merah di bagi menjadi empat kuadran, kuadran pertama penting dan mendesak, kuadran kedua tidak penting dan mendesak, kuadran ketiga penting tidak mendesak, kuadran keempat tidak penting dan tidak mendesak. Berikut kuadran kelas telur merah yang saya buat:



Dari 5 telur hijau minggu lalu ternyata kegiatan yang benar-benar penting dan mendesak untuk segera saya kuasai hanya  ada 2 telur bukan 5 telur lagi. Bukan berarti tak penting ketiga telur yang lainnya, hanya saja bukan untuk saat ini. Saya memilih 2 telur harapan saya agar lebih bisa maksimal menjalankannya. Dua telur yang saya pilih itu memasak dan membersamai anak-anak. Memasak karena saya menyukainya tetapi saya sering lupa waktu, sedangkan membersamai anak-anak itu kewajiban dan saya harus melakukannya dengan bahagia juga.

Dari kedua kegiatan itu setelah saya list ketrampilan apa saja yang saya butuhkan menemukan beberapa irisan yang saling berkaitan. Irisan tersebut ternyata yang membuat saya terseok-seok dan tak bahagia menjalani hari demi hari. Masalah sepele  dan klasik yang tak kunjung selesai karena saya kurang disiplin dan konsisten melakukannya. Sehingga membuat  saya tidak bisa maksumal dalam hal tersebut. Disamping itu ketrampilan yang harus segera saya kuasai yaitu manajemen waktu, manajemen gadget, manajemen skala prioritas dan manajemen dapur.  Alasan kenapa saya perlu meningkatkan ketrampilan pada telur merah:
🍀Manajemen waktu, karena saya sering tidak tepat waktu dan menyia-nyiaksn waktu.
🍀Manajemen gadget, sering tidak patuh pada jam online karena sering kebablasan.
🍀Manajemen skala prioritas, masih sering melakukan hal-hal yang kurang penting
🍀Manajemen dapur, karena saya menyukai memasak jadi sering kebablasan, jadi ssngat penting bagi saya agar bisa memasak cepat, lezat dan bergizi.

Berikut telur-telur merah yang saya buat:






Dari kuadran yang telah saya buat,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10