Peta Pembelajaran

Tugas Keempat dari kelas Bunda Cekatan Ibu Profesional adalah Peta Pembelajaran. Disini kita diajari mengenai pembuatan peta pembelajaran yang disampaikan oleh Bapak Dodik suami dari Ibu Septi.

Cara membuat peta belajar yang dituturkan oleh Pak Dodik sebagai berikut:
1. Judul, kita harus menentukan judul peta pembelajaran kita atau project kita.
2. Tujuan, tujuan dari project yang akan kita lakukan itu apa saja, harus jelas dan gamblang.
3. Menentukan topik apa saja yang ingin kita pelajari.
4. Dari setiap topik yang kita tentukan, kemudian di jabarkan menjadi sup topik-sup topik. Dari sup topik ini bisa kita jabarkan lagi menjadi subsub topik-subsub topik. Penjabaran tiap topik, sub topik dan sub-sub topik ini harus dibuat segamblang-gamblangnya atau sedetail-detailnya tanpa memikirkan kapan akan dilaksanakan.

Setelah gamblang mendiskripsikan dari setiap topik diatas, maka tinggal menentukan apa yang harus kita lakukan terlebih dahulu. Jangan terlalu nafsu dalam membuat project tapi juga jangan terlalu sedikit. Dan yang pasti ketika membuat project jika ada yang penting dan mendesak yang harus dilakukan maka lakukan yang penting dan mendesak.

Berikut contoh mind mapping dari Bapak Dodik.

Selanjutnya kita diberi tugas membuat mind mapping ala kita sesuai apa yang ingin kita pelajari dan butuhkan. Berikut mind mapping yang saya buat setelah saya buat tanpa memikirkan kapan akan saya lakukan hasilnya jadi banyak sekali, namun dalam waktu 2 bulan ini saya masih melakukan yang penting dan mendesak saja yaitu time management dan potongan dari fun cooking yang menyelesaikan naskah MBMMK. Karena 2 hal ini harus segera saya selesaikan biar saya bisa menjemput bahagiaku.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10