Telur Orange

Saatnya menuliskan jurnal pembelajaran di kelas Bunda Cekatan Ibu Profesional Minggu ketiga. Sebenarnya ini tugas minggu kemarin, tapi berhubung saya izin jadi saya baru mengumpulkan minggu ini. Dalam jurnal ketiga, setelah kemarin diminta mengerjakan telur hijau dan telur merah, sekarang kita belajar tentang telur orange. Ada apa dengan telur orange?. Di telur orange ini kita belajar tentang merdeka belajar.

Menurut penuturan Ibu Septi merdeka belajar adalah belajar yang independent atau belajar apa yang kita butuhkan dan yang kita inginkan. Bukan freedom atau belajar sebebas-bebasnya.
Kebebasan Belajar ini sudah di gaungkan oleh Ki Hajar Dewantara sejak tahun 1922 melalui azas taman siswa yang bunyinya. " Kebebasan hendaknya dikenakan cara bergikir yaitu jangan selalu dipelopori atau mengakui cara berfikir oranglain".

Dalam proses tahap merdeka belajar ada tiga hal yang harus kita ketahui:
1. Tujuan belajar, apa yang menjadi tujuan belajar kita harus kita ketahui,
dan harus komitmen dengan tujuan belajar kita apa dan bagaimana?
2. Prioritas, setelah kita mengetahui tujuan belajar kita apa, maka selanjutnya kita diminta untuk menentukan prioritas, ritme belajar kita seperti apa. Prioritas disini kita harus bisa memprioritasnya ilmu apa yang penting bagi kita dan harus dipelajari untuk saat ini. Jangan sampai karena kita menggap semua penting sehingga terjadi tsumani informasi dan membuat kita kebingungan semdiri. Setelah prioritas belajar kita juga harus bisa menentukan ritme dan cara belajar kita seperti apa, apa cukup membaca, ikut kelas online, nyantrik, bertatap muka langsung dengan ahlinya.
3. Ilmu

Hal pertama yang perlu kita perhatikan sebelum menuntut ilmu adalah adap menuntut ilmu "adap dulu baru ilmu".

Setelah kita memahami hal- hal yang harus kita lakukan, maka selanjutnya kita mengerjakan jurnal dari telur orange sendiri. Dalam mengerjakan telur orange. Dalam telur orange ini saya menemukan 5 telur orange yang harus saya pelajari dalam 5 bulan ke depan. Tapi saya ingin mengerjakannya satu-satu karena saya tidak bisa belajar banyak hal dalam satu waktu. Minggu kemarin setelah saya identifikasi kebutuhan mendesak dan penting yang harus saya lakukan itulah yang akan saya masukkan dalam telur orange. Karena dua hal yang selalu menghambat saya dalam belajar adalah manajemen waktu dan manajemen emosi. Dua hal ini harus segera saya selesaikan sebelum saya melakukan hal yang lain, agar nantinya saya bahagia dan nyaman dalam belajar. Dan yang ketiga adalah menyelesaikan naskah Memilih Bahan Makanan, Memasak Kemudian karena ini harus segera saya selesaikan. Jadi 5 bulan kedepan saya masih harus menyelesaikan yang penting dan mendesak agar saya bisa lebih bahagia untuk belajar selanjutnya, karena masih banyak PR yang harus segera di selesaikan. Semangat!!!

Berikut telur orange yang ingin saya pelajari dan bagaimana merdeka belajar versi saya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10