Game level 2 challenge 1: Melatih Kemandirian Anak



Pada tantangan kedua temanya yaitu melatih kemandirian anak dan saya memilih melatih TT (Toilet Trining) pada kakak. Entah ini  yang keberapa saya mengajarinya yang pasti asejak usia  usia 1,5 tahun sebenarnya dia sudah berhasil TT tapi setelah adiknya lahir dia malah ikut-ikutan pipis di sembarang tempat dan ketika inginTT suka di tahan dan akhirnya keluar duluan belum sampai toilet. kadang saya sampai hampir hilang kesabaran bagaimana cara yang pas untuk mengajari si kakak ini TT. Nanti kalau 1 minggu sudah bisa eh nanti gitu lagi terus dan terus. Mungkin karena dia minta di perhatikan juga sih adik boleh kok pipis sembarangan kok saya enggak. Saya juga sudah pernah mencoba mengajari adiknya dulu yang TT tapi karena masi kecil dan waktu itu masi merangkak belum bisa mengontrol pipisnya jadi sering kepleset adiknya di lantai kena pipisnya. jadi masih saya pakein diapers lagi. Dan itu membuat si kakak ikut-ikutan untuk pipis dimana-mana juga.
Kemarin ketika jalan-jalan lihat boneka pinguin di pinggir jalan dia menginginkan boneka tersebut saya buat kesepakatan terlebih dahulu.
Kakak: “ mamah mau itu pinguinnya?” bujuk kakak
Mama :”kakak mau penguin?” saya ulangi pertannyaanya.
Kakak:” iyaa, sambil girang-girang…
Mama: “ Iya mama akan belikan tapi ada syaratnya, yaitu kakak kalau pipis harus di toilet terus ya, nanti kalu 1 hari kakak pipis di toilet terus tidak pipis dimana-mana mamah kasih bintang dapat bintng 1, jika bintang kakak sudah 10 nanti baru mamah belikan. Gimana Kak? Setuju?
Kakak: He eh …setuju,,,,,dia senang sekali.
Mama : Alhamdulillah semoga berhasil (dalam hati) karena pernah saya buatkan seperti itu table bintang sebelumnya tapi dan reword nya ke pantai karena di sangat suka pantai, tapi tidak di hiraukannya dan semoga yang ini berhasil.
Hari pertama, kedua Alhamdulillah berhasil bahkan ketika malam pun kakak juga sudsh bangunin mamanya dan tidak mengompol tapi di hari ketiga kakak mengompol karena ketika dia marah dan menginginkan sesuatu nangis dan sampai mengompol.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10