Game level 2 challenge 3: Melatih Kemandirian Anak


Senin, 26 Februari 2017. Hari keenam TT kakak berhasil, bahkan ketika mau bubuk tadi sudak mta untuk TT dlu, biasanya tidak mau. Juga sudah tidak mengompol dimana-mana lagi. Dan malah sudah beberapa hari ini kakak sudah mau mandi sendiri dan keramas sendiri. Sebenarnya saya mau fokus ke TT dulu satu minggu ini tapi Alhamdulillah aman dan kakak juga berinisiatif sendiri untuk mandi sendiri maka saya fasilitasi saja. Entah bersih atau tidak tak masalah bagi saya yang penting prosesnya kakak sudah mau berusaha menjaga kebersihan dirinya sendiri, itu sudah point plus bagi saya. Saya hanya memperhatikan saja sambil sesekali kakak kalau butuh bantuan selama kakak belajar mandi sendiri, karena ketika kakak punya kemauan ga mau di ganggu, misalnya menurut saya pakai sabunnya belum benar tapi ketika saya benerin jadi marah jadi ya sudah saya perhatikan saja. Nanti kalau sudah selesai terus menurut dia merasa tidak nyaman walaupun sudah pakai handuk atau sudah pakai baju sekalipun juga minta di lepaskan dan minta mandi lagi. Berarti sudah bisa saya simpulkan bahwa dia sudah bisa mengontrol kenyamanan untuk dirinya sendiri. Mungkin ketika menemani kakak mandi sendiri ini butuh waktu yang lebih lama dan kesabaran ekstra karena mandinya sambil di pakai main-main. Maklumlah anak-anak paling seneng main air.
Sedangkan untuk adik Oci usia 16 bulan, rencananya mulai hari ini saya latih TT juga, biar nanti kakaknya tidak cemburu ketika lihat adiknya TT belum benar. Tapi belum berhasil sampai sehari full, baru setengah hari, dan selanjutnya pakai klodi dan diapers..hehee. emaknya masih kurang sabar, takut juga sih,,kalau tidak kelihatan pipisnya dimana terus lagi seneng-senengnya lari takut terpeleset. Soalnya sudah beberapa kali terpleset karena ada air tidak kelihatan, padahal sudah berusaha langung lap kalau ada air tumpah tapi masi saja terus kecolongan. Semoga untuk besok bisa tambah lagi jam TT nya untuk adik. Semangat!!!.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10