Semua Anak adalah Bintang


MEMBUAT PISANG KEJU

Sakura Maizuna N.A. (3y10m)
Lokasi: Dapur
Waktu: 17 Agustus 2017
Fasilitator dan Dokumentasi: Mama

Diskripsi Kegiatan:
Ananda senang sekali ketika akan membuat pisang keju. Karena kegiatan masak-memasak memang selalu membuat ananda berbinar-binar. Dari kegiatan ini dapat diamati keempat ranah untuk mengetahuai keunikan ananda dalam melakukan kegiatan masak-masakan tersebut. Keempat ranah tersebut, yaitu:

1. Ranah hubungan intrapersonal (konsep diri):
Berkaitan dengan kegiatan ini, pertama kali yang ananda lakukan adalah langsung mencari pisau, telenan, wadah untuk menempatkan potongan pisang. Ananda memulainya dengan mengupas pisang dan memotongnya, memberi tepung, dan air. Ananda melakukannya sendiri.  Mama hanya membantu sedikit-sedikit saja jika ananda memerlukan bantuan seperti menggoreng di atas kompor karena  ananda takut panas. Ananda tidak mau di bantu karena dia sudah percaya diri dia bisa melakukannya sendiri. Tapi untuk menggoreng pisangnya ananda belum berani karena takut panas, tapi dia meminta wajannya untuk ditaruh di meja dulu jadi dia bisa aman memasukkan pisangnya.
2. Ranah interpersonal (hubungan sesama):
Ananda bisa bekerjasama dengan mama. Walaupun dia tidak mau di bantu tapi ananda bisa mengkomunikasikan dengan baik jika menginginkan sesuatu. Dan ketika sudah selesai membuat pisang kejunya ananda juga mau diajak bekerjasama untuk membersihkan dapur.  Kakak juga membagikan pisang keju hasil masakannya kepada adiknya dan seluruh anggota keluarga. Kakak juga memberikan wadah kecil untuk adiknya biar mudah di pegang adik, karena masih panas dan adik takut sama panas.
3. Ranah hubungan dengan change factor (melek perubahan)
Ananda melalui step by step sudah sesuai dan berurutan, di samping itu ananda juga bisa belajar berbagai macam fungsi peralatan dapur yang dia pergunakan. Dan ketika menyalakan kompor dan  menggorengnya Ananda belum berani karena takut panas, ini menandakan bahwa ananda sudah mulai berhati-hati terhadap sesuatu yang bisa membahayakan dirinya. Ananda menambahkan selai strawberry dan parutan keju dia tasnya untuk mempercantik penampilan pisang kejunya. Disamping itu kakak juga menyadari jika dapurnya kotor harus di bersihkan dia langsung lari mengambil lap pel dan  membantu mamah membersihkan dapur.
4. Ranah hubungan dengan Tuhan-nya (melek spiritual)
Setelah kegiatannya selesai kakak senang sekali dan mengucapkan Alhamdulillah karena di beri kelancaran.


#TantanganHari1
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10