Semua Anak adalah Bintang


BERMAIN SALJU

Sakura Maizuna N.A. (3y10m) dan Ai Ryosi Hafidz U ( 22 m)
Lokasi: Halaman Rumah
Waktu: 18 Agustus 2017
Fasilitator dan Dokumentasi: Mama

Diskripsi Kegiatan:
Ananda senang sekali bermain salju-saljuan dinginnya nyeess…. Selain karena ananda penasaran sama salju itu seperti apa. Juga karena efek kangen berat sama papanya dan juga papanya pernah posting foto ketika musim dingin jadi tambah penasaran.  Salju buatan kali ini terbuat dari Popok yang masih baru di ambil isinya kemudian kita siram dengan air dingin. Kegiatan dapat merangsang  motorik Ananda,  mengembangkan kreativitas dan imajinasi Ananda.  Dari kegiatan ini dapat diamati keempat ranah untuk mengetahuai keunikan ananda, yaitu:

1.       Ranah hubungan intrapersonal (konsep diri):
Pagi itu, ketika  saya masih menyelesaikan pekerjaan domestik, Ananda sudah mulai bosan bermain dan merajuk ini itu. Kemudian saya memberitahukan kepada ananda bahwa nanti kita akan membuat salju. Ananda girang banget dan terus bertanya buatnya dari apa mah? Buatnya dimana? Kapan mah ayo cepat mah. Saya hanya menjawab, kakak pengen tau ya?  Berarti kakak harus kerjasama sama mama dulu dong, biar mama cepet selesai dan bisa main salju,dan ananda menyetujui. Ini menunjukkan ananda sudah paham dia harus bagaimana jika ingin segera bermain salju.
2.       Ranah interpersonal (hubungan sesama):
Setelah pekerjaan domestik saya selesai saya langsung menyiapkan amunisi, Ananda menawarkan bantuan dan kami membuat salju buatan bersama-sama. Ananda membantu mengeluarkan isi popok yang masih baru tentunya kedalam wadah dan kemudian di kasih air es. Jadilah salju dingiin… nyess. Ananda girang sekali dan langsung di pakai bermain dengan adiknya di halaman rumah. Alhamdulillah tidak terjadi perang saudara selama bermain bersama. Ananda juga paham ketika bermain salju-saljuan di halaman rumah. Karena kalau bermain di dalam rumah bisa licin karena ada airnya. Walaupun awalnya Ananda masih harus di ingatkan tapi langsung menurut.
3.       Ranah hubungan dengan change factor (melek perubahan)
Ananda sangat senang dengan permainan saljunya. Sehingga ketika papanya telefon langsung memeberitahu kalau dia tadi membuat salju, bermain salju dan lain-lain. Begitu juga ketika utinya kerumah dia juga langsung menceritakan pengalamannya hari ini.
4.       Ranah hubungan dengan Tuhan-nya (melek spiritual)
Dengan merasakan sensasi dinginnya salju-saljuan tadi semoga mampu meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT.  Bahwa sensasi salju itu sangat menyenangkan. Dia bertanya di tempat papa banyak salju yah mah seperti ini dingin dan sebagainya. Siapa yang membuat mah? Disini Ananda sudah mulai penasaran dengan CiptaanNya semoga keingintahuanmu membuatmu ingi n terus belajar  mentadaburi kekuasaanNya ya Nak.. Dan semoga suatu saat Kami bisa membawamu bermain salju beneran. Amin.



#TantanganHari2
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10