MENDIDIK ANAK CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI

MENGHEMAT AIR

Sakura Maizuna N.A. (3y11m)
Lokasi: Rumah
Waktu: 14 September 2017
Fasilitator dan Dokumentasi: Mama

Diskripsi Kegiatan:
Tantangan Level 8 pada kelas Bunda Sayang ini adalah Mendidik Anak Cerdas Finansial. Bagi saya tema ini adalah tantangan karena sebelum saya mendidik anak untuk cerdas financial tentunya saya harus cerdas dulu mengelola financial, Tapi kenyataannya financial saya masih berantakan. Hehe,,, Membersamai ananda memang harus terus belajar agar bisa menjadi teladan untuk ananda teaching by learning. Karena tugas memahamkan anak-anak bahwa uang adalah bagian kecil dari rezeki itu di mulai dari ibu, termasuk pengelolaan uang, membaginya kepada yang berhak, membedakan keinginan serta kebutuhan juga dimulai dari ibu.
Selanjutnya saya akan menceritakan tentang Kegiatan ananda yang berkaitan dengan materi ini. Tadi pagi ketika mandi pagi ananda sudah bisa belajar berhemat air. Ketika airnya sudah hampir penuh ananda teriak-teriak minta sanyonya di matiin. Ketika saya bilang sebentar lagi kak biar penuh, dia melarang katanya nanti kalau air di sumurnya habis gimana mah. Mungkin maksudnya kalau menyedot terus sampai airnya penuh tumpah, sayang…dan nanti air sumurnya cepat habis.
 Kebetulan di daerah saya terutama yang di dataran tinggi sudah mulai susah air, dan harus beli, air PAM pun harus bergilir. Jadi kakak sering dengar orang bilang tentang airnya mati, sumurnya kering dan sebagainya. Dan ketika kakak mainan air biasanya mama sama uti langsung melarang, karena kakak kalau di biarkan air 1 toren pasti sudah habis buat mainan air mancur di bawah kran. Meskipun Alhamdulillah di tempat saya masih mudah mendapatkan air tapi tetap tidak boleh boros menggunakan air. Karena selain airnya cepat habis juga tidak bisa hemat listrik kalau menyedot terus pakai listrik, jadi mahal bayar listriknya ,kan uangnya bisa buat beli yang lain daripada hanya untuk bayar listrik semua. Dan jika kakak ingin mainan air seperlunya saja atau bisa pas pergi ke kolam renang atau ketika main ke sungai, kebetulan di belakang rumah ada sungai kecil dan ada airnya yang mengalir. Itu yang sering saya sounding ke Kakak dan hari ini kakak sudah mulai paham akan hal itu.
Terussetelah itu kakak juga tanya ke saya.
“Mah shampoo mamah yang baru kok tidak di pakai, yang beli kemarin?”
“Kan shampoo mama yang dulu masih kak, di habisin dulu, kalau sudah habis baru di pakai yang baru, biar tidak bo…ross…”
Bla-bla-bla…dan kakak hanya diam dan memperhatikan ketika saya menjelaskan tentang menghemat dan first in first out.
Semoga ananda paham tentang cerdas financial kali ini dalam bijak memanfaatkan rezeki dari Allah.

Tujuan Kegiatan:
1.       Belajar bijak memanfaatkan rezeki dari Allah.
2.       Belajar berhemat / cerdas financial.




#TantanganHari1
#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RezekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial




Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10