MENDIDIK ANAK CERDAS FINANSIAL SEJAK DIN I#2


MEMBEDAKAN KEBUTUHAN DAN KEINGINAN


Sakura Maizuna N.A. (3y11m)
Lokasi: Toko Mbak Mei dan Sawah Desa Kebonagung
Waktu: 16 September 2017
Fasilitator dan Dokumentasi: Mama

Diskripsi Kegiatan:
Sebelum mengajari anak untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan, maka si ibu harus belajar terlebih dahulu.  Contohnya pada hari ini,,, selepas belajar melihat ke sawah dan melihat sapi di kandang sapi milik desa. Kegiatan outing-outing ini salalu membuat kakak berbibar-binar, karena selain bermain kakak juga bisa mengenal sawah, sapi, burng elang yang kebetulan ada di ats kami, burung bangau, semanggi dan sebagaianya. Dari Kegiatan belajar di ala mini juga bisa menjelaskan bahwa yang menciptakan Allah. Yang memberi makan hewan-hewan tadi juga Allah. Mengenalkan bahwa rezeki itu dari Allah.
Setelah pulang dari belajar kea lam Kakak sama adik kehausan minta di belikan Ya***t. mungkin enak habis kepanas-panasan seger minum yang dingin-dingin. Kakak sudah ambil satu dan adik ambil satu diminum langsung habis, tapi yang jadi masalah setelah habis kakak sama adik minta lagi. Walaupun awalnya sebelum beli mama sudah membuat kesepakatan kalau belinya hanya dua saja, kakak satu dan adik satu. Karena selain bisa diare kalau minum banyak-banyak juga harus bisa membedakan mana keinginan dan kebutuhan.
Sebenarnya kasian dan malu juga anak merengek dan merajuk di depan toko orang tapi harus konsisten dengan kesepaktan yang telah dibuat, karena anak- anak peniru ulung jadi harus konsisten jika tidak ya tidak. Setelah tenang saya memberikan solusi aya kita pulang nanti mamah buatkan es teh di rumah. Awalnya kakak masi berontak tidak mau sambil mengambek,, tapi lama-kelamaan Kakak mau di ajak pulang dan minum esteh bersama.

#TantanganHari2
#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RezekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10