90DaysForDiaryAnandaSakura(D-35)

Nama anak:Sakura Maizuna Nadia Aqilah (4y)
Pacitan, 22 Oktober2017
Dokumentasi dan Fasilitator: Mama
Tempat Kegiatan:HalamanRumah
Judul Kegiatan: Gowes Sepedamu.



Tadi pagi bangun tidur kakak minta jalan-jalan. Melihat sepedanya di belakang rumah langsung minta di ambilin. Setelah Uti ambilin kakak langsung belajar naik sepeda. Kakak memang belum bisa naik sepeda sendiri karena beberapa kali jatuh jadi sikap deliberativenya muncul.
Kakak masih salah dalam mengayuh sepeda, karena masih terbalik kebelakang tidak kedepan jadi sepedanya tidak mau jalan. Kakong yang memperhatikan kakak langsung memberitahukan kakak kalau mengayuh kedepan, kalau berat berarti bener kak, nanti bisa jalan sepedanya kalau ringan berarti salah mengayuhnya dan sepedanya tidak mau maju. Kakak mendengar dan mencobanya beberapa kali masih terbalik-balik tapi lama kelamaan kakak bisa, satu dan dua kayuhan. Kakak minta Mama, Kakong dan Uti memperhatikan ketika dia bisa mengayuh sepedanya. #learner, #activator, #motorikkasar, #fitrahbelajar, #fitrahjasmani
Ketika mendorong sepeda kakak sering terbalik antara kiri dan kanan jadi kerepotan kakak dalam membawa sepedanya, setelah mama kasih tau kalau menuntun sepeda posisi kakak di sebelah kiri sepeda itu lebih memudahkan kakak, kakak mendengarnya dan mencobanya akhirnya kak uwa berhasil membawa sepedanya sampai ke halaman dari jalan depan rumah, dan jalannya menanjak.#learner, #activator, #fitrahbelajar
 Setelah itu kakak duduk disebelah mama karena kecapean. Tiba-tiba  ada orang naik sepeeda lewat di depan rumah , kakak memperhatikannya kemudian bilang ke mama.
K: “Mah ak kok ga bisa cepet ngunu kui naik sepedanya?” (kakak bicaranya masih tercampur antara bahasa jawa dan bahasa Indonesia karena anggota keluarga pakai bahasa jawa, sedangkan mama kalau komunikasi dengan kakak pakai bahasa Indonesia, jadinya ke kakak tercampur, ini kesalahan mama dalam memperkenalkan bahasa Ibu ke kakak, seharusnya di tuntaskan dulu satu bahasa baru di tambahi bahasa lainnya biar tidak tercampur).
M:”Kakak juga bisa, yang penting berlatih terus naik sepedanya dan pelan-pelan
#imitating, #communication, #bahasa, #fitrahbelajar, #fitrah jasmani

Sisi unik anak: learner, activator, communication, imitating
Perkembangan: motorik kasar
Fitrah yang ditumbuhkan: fitrah belajar, fitrah jasmani.

#Post35
#90DaysForDiaryAnanda
#PekaAkanUnikAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta
#PortofolioSakuraMaizunaNadiaAqilah
#4y
#Pacitan01Oktober2013
#PortofolioBakat
#BahasaBakat
#PortofolioPerkembangan
#BahasaPerkembangan
#FBE
#BelajarDiRumah
#BelajarBarengMama

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10