90DaysForDiaryAnandaSakura(D-48)

Nama anak:Sakura Maizuna Nadia Aqilah (4y)
Pacitan, 04 November 2017
Dokumentasi dan Fasilitator: Mama
Tempat Kegiatan: Rumah Uti Kulon
Judul Kegiatan: Sakura activities


Merawat Burung
Pagi tadi ketika pulang dari sawah membawa burung emprit atau burung pipit yang terluka kepalanya. Melihat itu kakak langsung bingung mencarikan obat dan  rumah untuk burung tersebut, kakak khawatir burungnya nanti di makan anjing kalau malam tidak di kasih rumah. Karena minta tolong kakong untuk membuatkan, karena tidak di buat-buatkan karena kakong masih sarapan. Akhirnya, “Aku punya ide”, kata kakak sembari mengambil tempat sampah yang dalamnya di kasih kertas kardus untuk kasurnya burung. Karena tempat sampahnya kotor dan tidak boleh di bawa masuk ke rumah, akhirnya kakak membuatkan rumah burung dari kardus. Dengan menggunakan tas snack, dengan menggunakan bawah tas snack kemudian di sobek dan atapnya di tutup kertas lagi sebagai atapnya. Dan si burung di ajak ke rumah, di ajak nonton kartun bersama. Karena mama tidak tahu kalau disamping kakak ada burung, habislah nasib burung tersebut karena dedudukan mam. Mama pikir hanya tumpukan kertas. Sontak kakak marahin mama dan ngambek. Aduh maafin mama ya burung, malang nian nasibmu. #belief, #emphaty, #comunication, #ideation, #learner, #fitrah keimanan, #fitrahbelajar

Sink and Float
Mandi sudah, sarapan sudah, akhirnya mulai belajar lagi. Membuat eksperiment kecil-kecillan. Eksperimen kali ini dengan menggunakan telur dan air garam, untuk mengetahui proses tenggelam dan tidak. Gelas yang satu di isi air biasa dan di kasih telur dan telur tenggelam. Sedangkan gelas yang  satu lagi airnya di kasih garam dan telur mengapung. Kenapa demikian? Menurut buku Rumah Bermain Anak, hal ini disebabkan massa jenis air lebih besar daripada massa jenis air (pada percobaan yang gelas tanpa garam). Sedangkan untuk gelas yang di tambahakan garam massa jenisnya lebih besar dibandingkan massa jenis telur,sehingga telur tersebut bisa mengapung di air garam.
Manfaat aktivitas ini, meliputi:
1.    Menstimulasi perkembangan kognitif
2.    Mengenalkan anak pada science secera sederhana
3.    Mengembangkan rasa ingin tahu anak
4.    Meningkatkan kemampuan berfikir kritis
5.    Mengembangkan imajinasi dan kreativitas
6.    Mengenal konsep tenggelam dan terapung
#learner,# ideation,# fitrahbelajar.



Mengembalikan Mainan

Setelah bermain float and sink, mama giliran buatkan permainan untuk adik mix and match, sedangkan kakak bermain masak-masakan dengan menggunakan peralatan masak Uti. Dan tumben sekali Alhamdulillah kakak mengembalikan semua peralatan or di taruh tempat cucian kakak. Good Job kakak!!
#emphaty,


Rumah Payung
Kakak mengambil payung lalu di buka dan kakak bubu di bawah payung sembari lihat kartun, serasa bubu di tenda ya Kak, Setelah bosan kakak berdiri dan bilang ke mama “ak pengin terbang pakai payung gini lo mah”. Sambil memperagakan terbang pakai payung
Setelah itu payungnya digantungkan di jendela kamar dengan posisi terbuka, kata kakak biar tidak panas dan silau kalau bubuk. Memang benar jika di buka jendelanya, sinar matahari masuk jadi silau dan setelah di kasih payung jadi tidak silau dan panas lagi..Terus berkreasi ya Kak….
#ideation, #learner, #comunication, #fitrah belajar

Manggung.
Setelah bosan dengan payung kakak ambil Hp mama dan muter lagu anak-anak, terus kakak menyanyi sambil lompat-lompat di atas kasur seperti main trampoline sampi keringatan. Di sela-sela lompat-lompatnya kakak minta di kepang rambutnya, minta  di kuncir 2, terus pakai bando. Dan mama di minta untuk melihat aksi kakak terus.Hmm  mama sampi bingung kak menyaksikan kesubukanmmu.Lagu yang dinyanikan tadi diantaranya, bintang kecil, selamat pagi, pelangi-pelangi, balonku ada lima dan lain-lain.
#significant, #fitrahjasmani,#Fitrah sosial, #motorik kasar



Sisi Unik:learner, activator, belief, emphaty, ideation, , communication, significant.

Fitrah yang ditumbuhkan:, fitrahbelajar, fitrahsosial, fitrahjasmani dan fitrah keimanan

Perkembangan:  motorik kasar

Kecerdasan majemuk: kecerdasan alam(alaksa)


#Post48
#90DaysForDiaryAnanda
#PekaAkanUnikAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta
#PortofolioSakuraMaizunaNadiaAqilah
#4y
#Pacitan01Oktober2013
#PortofolioBakat
#BahasaBakat
#PortofolioPerkembangan
#BahasaPerkembangan
#FBE
#BelajarDiRumah
#BelajarBarengMama








Komentar

Postingan populer dari blog ini

BundaSayangLevel10

Semua Anak Adalah Bintang

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #10